Pembelajaran digital, pembelajaran tatap muka dan perubahan iklim

 


Perdebatan tentang pembelajaran digital,pembelajaran tatap muka, dan pembelajaran campuran sering kali berfokus padaefektivitasnya dalam mencapai beberapa hasil pendidikan inti. Biaya ataukemudahan menggunakan metode yang berbeda untuk mencapai hasil tertentu semakinmasuk ke dalam kerangka pendidikan selama dua dekade terakhir. Namun, jarangsekali pendidik atau pelajar mempertimbangkan jejak iklim dari berbagaiaktivitas mereka. Ini adalah kekurangan yang penting, karena semua aktivitas pembelajaran dapat berkontribusi pada jejak iklim kita secara keseluruhan. Penyedia pendidikan harus melakukan yang terbaik untuk meminimalkan jejak karbon yang terkait dengan pembelajaran mereka. Namun pelajar juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa cara mereka mengakses pembelajaran juga dikaitkan dengan biaya lingkungan yang minimal. Baik penyedia maupun pelajar harus fokus pada aktivitas yang kemungkinan besar memiliki dampak terbesar. Ini relevan baik untuk pendidikan tatap muka maupun pembelajaran digital.

Peserta pelatihan dapat mempelajari pengetahuan, keterampilan dan perilaku dalam pertemuan tatap muka.dan juga memiliki kesempatan untuk berjejaring dan terlibat dalam informasipembelajaran yang efektif dengan pendidik dan teman sebaya. Lingkungan tatap muka.terutama dapat membantu dalam mempelajari keterampilan praktis atau prosedural danperilaku profesional. Akan tetapi, perjalanan sering kali diperlukan untuk pembelajaran tatap muka. Ini dapat melibatkan berkendara dan/atau menggunakan transportasi umum, yang dapat mencakup perjalanan udara ke acara-acara seperti konferensi internasional. Perjalanan ke beberapa konferensi tatap muka dapat menghasilkan sekitar 1.000 kali lebih banyak metrik ton CO2, daripada konferensi virtual, dengan lebih dari 90% emisi ini berpotensi dikaitkan dengan perjalanan. Delegasi atau penyelenggara dapat menghitung jejak karbon dari berbagai komponen pembelajaran tatap muka; akan tetapi, Leddin dkk. menyarankan agar penyedia menggunakan model yang disederhanakan untuk melakukan ini 'hanya menggunakan jarak terbang, untuk memperkirakan emisi terkait perjalanan. Menggunakan transportasi umum adalah cara bepergian yang paling ramah iklim. Akomodasi hotel juga diperlukan jika orang bepergian untuk rapat yang berlangsung lebih dari satu hari. Ini akan memiliki dampak lingkungannya sendiri seperti penggunaan deterjen untuk mencuci sprei dan handuk. Acara fisik sering dikaitkan dengan penggunaan peralatan seperti plastik sekali pakai dan kemasan makanan polistirena. Ini bukan keharusan, tetapi merupakan pelengkap umum dari kegiatan belajar tatap muka. Ini bukan uraian menyeluruh tentang jejak karbon dari pembelajaran tatap muka, tetapi harus mencakup sebagian besar kegiatan yang dapat berkontribusi, yaitu perjalanan, akomodasi, dan biaya hidup.

Singkatnya, jelas bahwa tidak ada jawaban yang benar atau salah tentang cara menyediakan pembelajaran yang efektif dengan biaya lingkungan yang minimal. Penyedia pendidikan harus melakukan yang terbaik untuk meminimalkan jejak karbon yang terkait dengan pembelajaran mereka. Namun, peserta didik juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa cara mereka mengakses pembelajaran juga dikaitkan dengan biaya lingkungan yang minimal. Baik penyedia maupun peserta didik harus fokus pada kegiatan yang kemungkinan besar akan memberikan dampak terbesar. Meskipun menghindari penerbangan yang tidak perlu ke konferensi internasional kemungkinan akan membuat perbedaan yang jauh lebih besar, efek kumulatif dari penghapusan plastik sekali pakai pada pertemuan tatap muka tidak dapat dilebih-lebihkan. Dan tentu saja, baik penyedia maupun peserta didik berbagi tanggung jawab yang paling mereka dapatkan dari semua bentuk pembelajaran yang mereka ikuti. Terkadang ini berarti memadukan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran digital—ada beberapa bukti bahwa ini dapat membantu transfer pembelajaran ke praktik. Ini juga akan menjadi praktik yang baik bagi penyedia semua bentuk pembelajaran untuk mempublikasikan jejak karbon dari program mereka dan upaya yang mereka lakukan atau telah lakukan untuk menguranginya.

Komentar

Postingan Populer