Pembelajaran digital, pembelajaran tatap muka dan perubahan iklim
Perdebatan tentang pembelajaran digital,pembelajaran tatap muka, dan pembelajaran campuran sering kali berfokus padaefektivitasnya dalam mencapai beberapa hasil pendidikan inti. Biaya ataukemudahan menggunakan metode yang berbeda untuk mencapai hasil tertentu semakinmasuk ke dalam kerangka pendidikan selama dua dekade terakhir. Namun, jarangsekali pendidik atau pelajar mempertimbangkan jejak iklim dari berbagaiaktivitas mereka. Ini adalah kekurangan yang penting, karena semua aktivitas
pembelajaran dapat berkontribusi pada jejak iklim kita secara keseluruhan.
Penyedia pendidikan harus melakukan yang terbaik untuk meminimalkan jejak
karbon yang terkait dengan pembelajaran mereka. Namun pelajar juga memiliki
tanggung jawab untuk memastikan bahwa cara mereka mengakses pembelajaran juga
dikaitkan dengan biaya lingkungan yang minimal. Baik penyedia maupun pelajar
harus fokus pada aktivitas yang kemungkinan besar memiliki dampak terbesar. Ini
relevan baik untuk pendidikan tatap muka maupun pembelajaran digital.
Singkatnya, jelas bahwa tidak ada jawaban yang
benar atau salah tentang cara menyediakan pembelajaran yang efektif dengan
biaya lingkungan yang minimal. Penyedia pendidikan harus melakukan yang terbaik
untuk meminimalkan jejak karbon yang terkait dengan pembelajaran mereka. Namun,
peserta didik juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa cara mereka
mengakses pembelajaran juga dikaitkan dengan biaya lingkungan yang minimal.
Baik penyedia maupun peserta didik harus fokus pada kegiatan yang kemungkinan
besar akan memberikan dampak terbesar. Meskipun menghindari penerbangan yang
tidak perlu ke konferensi internasional kemungkinan akan membuat perbedaan yang
jauh lebih besar, efek kumulatif dari penghapusan plastik sekali pakai pada pertemuan
tatap muka tidak dapat dilebih-lebihkan. Dan tentu saja, baik penyedia maupun
peserta didik berbagi tanggung jawab yang paling mereka dapatkan dari semua
bentuk pembelajaran yang mereka ikuti. Terkadang ini berarti memadukan
pembelajaran tatap muka dan pembelajaran digital—ada beberapa bukti bahwa ini
dapat membantu transfer pembelajaran ke praktik. Ini juga akan menjadi praktik
yang baik bagi penyedia semua bentuk pembelajaran untuk mempublikasikan jejak
karbon dari program mereka dan upaya yang mereka lakukan atau telah lakukan
untuk menguranginya.
Komentar
Posting Komentar